Sabtu


Unsil Kembali Hasilkan Sarjana

TASIKMALAYA KORAN IMSA

Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya, kembali melahirkan sarjana. Sedikitnya 489 sarjana, magister, dan ahli madya, Sabtu (22/12) diwisuda. Mereka berasal dari program pascasarjana 15 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 145 orang, Fakultas Ekonomi 217, Fakultas Pertanian 7 orang, Fakultas Teknik 14, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat 91 orang.

Rektor Unsil Prof. Dr. Muhammad Numan Somantri dalam sambutannya mengatakan, para wisudawan harus mampu mengaplikasikan keilmuan dan keterampillanya di masyarakat. Rektor yakin para lulusan Unsil bisa bersaing. Sebab, selama perkuliahan, mereka selain dididik keilmuan sesuai dengan program studi, juga dibekali dengan kewirusahaan.

"Wawasan quasi entrepreneurial (kewirausahaan-red.) sudah diterapkan di Unsil. Sehingga dengan wawasan kewirausahaan yang dimiliki, para lulusan dapat mendorong dan memecahkan masalah makin ketatnya persaingan tenaga kerja sekarang dan di tahun-tahun mendatang," kata Numan.

Menurut Rektor Unsil, jumlah pengangguran sarjana lulusan dari perguruan tinggi dewasa ini mencapai 11 juta orang. Sementara, lowongan kerja yang tertampung untuk lulusan perguruan tinggi hanya 19.000. Akibatnya, banyak di antara mereka tidak bisa masuk ke lapangan pekerjaan.

"Makanya, wawasan kewirausahaan adalah sebagai solusi membangun lapangan kerja para lulusan," ujar Rektor .

Dari evaluasi program diketahui bahwa salah satu masalah atau kelemahan para lulusan, yaitu pemahaman masalah sosial, penguasaan teknologi dan penguasaan bahasa asing, terutama Inggris, yang masih kurang. Hal ini mesti menjadi catatan bersama agar mampu menjadi pribadi unggul.

Selain mengembangkan kewirausahaan, kata Numan, pengusaha yang baik juga harus didukung dengan mata kuliah yang mendukung pembentukan kepribadian.

Pada kesempatan itu, Rektor Unsil menetapkan Lela Widyanti dari Fakultas Pertanian sebagai wisudawan dengan IPK tertinggi. Wisudawan lain yang masuk lulusan terbaik adalah Tita Yunita, Astri Dwi Utami, Iwa Ridwana, Ai Maryam, Elia Nur Irmanti, Ervin Firmansyah, dan Iwan Ridwan dengan IPK 3,90.**(Ndri)

Tidak ada komentar: